30 Oktober 2010

instalasi file/program komputer dalam w*ndows

kenapa harus diinstall?
sering kali ada yang mencoba mengkopi satu paket program (biasanya satu folder) kemudian dijalankan dikomputer lain ternyata tidak bisa dijalankan, kenapa?
menginstall suatu program adalah Proses pemasangan dan penyetingan perangkat (keras/lunak) agar bisa digunakan oleh sistem. (http://www.total.or.id/info.php?kk=Install), dalam proses instalasi ada proses dekompres file, meletakkan file-file khusus (driver, dll), menyesuaikan program agar sesuai dengan konfigurasi sistem ataupun hardware komputer.


apakah yang diperlukan dalam install program?
secara umum dalam menginstalasi program diperlukan master program, terdiri satu file eksekusi utama dan file-file pelengkapnya.
file master, biasa memakai nama setup.exe atau install.exe atau *(nama program)*.exe, bisa satu file atau ada beberapa file dalam satu rangkaian, atau kadang berada dalam satu file kompresi (*.rar atau *.zip atau *.exe(rar))
caranya tinggal klik saja file tersebut dan ada beberapa opsi yang berbeda-beda tergantung dari pembuat program/software, klik yes yes yes dan finish.
beberapa opsi umum (bisa ada atau tidak ada)
1. perjanjian lisensi atau End User License Agreement (EULA)
2. permintaan kode instalasi, key, serial number
3. tempat peletakan file, standar windows otomatis diletakkan di C:\Program Files\
4. pemilihan bagian-bagian program yang akan ikut diinstalasi atau tidak
5. pemilihan area, atau wilayah waktu (indonesia berada pada GMT +7)
6. pemilihan bahasa
7. pendeteksian perangkat hardware
8. dan lain sebagaianya yang tergantung jenis softwarenya

setelah opsi-opsi tersebut dipilih tinggal klik yes atau no, next atau back, dan finish atau ada pemberitahuan bahwa software telah sukses terinstall

kadang kala dalam file instalasi ada file keterangan tentan software tersebut berupa readme.txt atau help.txt, silahkan dibaca file tersebut karena kadang ada beberapa langkah khusus yang harus dilakukan dalam proses instalasi atau penggunaan software tersebut.

1 komentar: